WEB BLOG
this site the web

RPP FIQH

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah              :  SMA N 1 Yogyakarta
Mata Pelajaran             :  PAI (Fiqh)
Materi Pokok               :  Shadaqah dan Infaq
Kelas/Semester            :  XI/1
Alokasi Waktu             :  20 menit
Pertemuan ke               : 7
Tahun Pelajaran            : 2011/2012

I.              Standar Kompetensi
Memahami infaq dan shadaqah


II.           Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan infaq dan shadaqah

III.        Indikator
1.    Siswa dapat menjelaskan pengertian shadaqah dan infaq
2.    Siswa dapat menyebutkan ketentuan shadaqah dan infaq
3.    Siswa dapat membedakan antara shadaqah dan infaq
4.    Siswa dapat menyebutkan hikmah shadaqah dan infaq
5.    Siswa dapat mempraktikkan shadaqah dan infaq

IV.         Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini diharapkan siswa dapat:
1.    Menyebutkan pengertian shadaqah dan infaq
2.    Menyebutkan ketentuan shadaqah dan infaq
3.    Membedakan antara shadaqah dan infaq
4.    Menyebutkan hikmah shadaqah dan infaq
5.    Mempraktikkan shadaqah dan infaq dalam kehidupan sehari-hari

V.            Materi Pembelajaran
A.  Pengertian Shadaqah dan Infaq
Shadaqah berasal dari akar kata shadaqa jama’ dari shidqan yang berarti kejujuran, berkata benar. Sedangkan pengertian dari shadaqah adalah suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi waktu dan jumlah tertentu; suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai suatu kebajikan yang mengharap ridha Allah SWT dan pahala semata.
Infaq berarti mengeluarkan sebagian dari harta atau pendapatan/penghasilan untuk suatu kepentingan yang diperintahkan ajaran Islam.
Perbedaan antara shadaqah dan infaq yaitu infaq hanya sebatas pengeluaran harta sedangkan shadaqah adalah amalan yang lebih luas, yaitu selain yang bersifat mengeluarkan harta juga yang bersifat akhlak/moral, misalnya:
1.    Mengeluarkan beberapa ribu rupiah untuk kesejahteraan masjid
2.    Memberikan tempat duduk di kendaraan umum kepada ibu hamil yang sedang berdiri
3.    Mengajarkan ilmu pada orang lain tanpa memikirkan imbalan
B.  Ketentuan Shadaqah dan Infaq
1.      Shadaqah dan infaq bertujuan sebagai amalan yang menunjukkan tanda keimanan dan ketakwaan seorang muslim
2.      Perintah shadaqah dan infaq terdapat pada QS.Al-Baqarah: 274 yang Artinya:
“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, Maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”
3.      Hukum dari shadaqah dan infaq adalah sunnah
4.      Shadaqah dan infaq tidak mengenal nisab atau jumlah harta yang ditentukan secara hukum
5.      Waktu untuk bershadaqah dan berinfaq itu tidak ditentukan waktunya, jadi secara spontan dan sukarela
6.      Hikmah (manfaat) shadaqah dan infaq antara lain:
a.  Meredam kemurkaan Allah
b. Menghapuskan kesalahan seorang hamba
c.  Sebagai obat bagi berbagai penyakit baik penyakit jasmani maupun rohani
d. Orang yang berinfaq akan didoakan oleh malaikat setiap hari
e.  Orang yang bersedekah akan Allah berkahi hartanya
f.   Allah akan melipatgandakan pahalanya
g.  Shadaqah merupakan indikasi kebenaran iman seseorang
h.  Shadaqah merupakan pembersih harta dan mensucikannya dari kotoran
i.    Ungkapan rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan
j.   Untuk pengembangan potensi umat
k.      Menolong, membantu dan membina kaum dhuafa yang lemah
C.     Orang yang Berhak Menerima Shadaqah dan Infaq
Shadaqah dan infaq tidak harus diberikan kepada mustahik tertentu, melainkan kepada siapapun misalnya orang tua, kerabat, anak yatim, orang miskin, atau orang-orang yang sedang dalam perjalanan.

VI.         Nilai/karakter
· Religius
· Keimanan
· Ketakwaan
· Berani berpendapat
· Percaya diri
· Toleransi
· Peduli sosial
· Mampu bekerja sama dalam keragaman

VII.      Strategi Pembelajaran
1.    Pendekatan                            : Pembiasaan dan pengalaman
2.    Metode Pembelajaran            : Ceramah, diskusi, tanya jawab

VIII.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Awal
·      Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengajak siswa berdoa bersama
·      Guru mengatur kelas dengan mengecek presensi siswa
·      Guru menarik perhatian siswa
·      Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
·      Guru memberikan pre-test
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dari materi shadaqah dan infaq
2.    Kegiatan Inti
·      Guru menjelaskan secara singkat konsep umum tentang shadaqah dan infaq
·         Guru memberikan pertanyaan umum mengenai materi (brain storming)
·         Guru membagikan hand out materi kepada masing-masing kelompok
·         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
·         Masing-masing kelompok secara bersama-sama mendiskusikan materi dari hand out yang telah dibaca.
·         Masing-masing kelompok membuat catatan penting dari isi hand out yang telah dibaca.
·         Guru meminta siswa untuk berhenti dalam diskusi kelompok kecil
·         Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok di depan kelas.
·         Guru meminta siswa untuk menanggapi dan menanyakan tentan materi yang disampaikan oleh salah kelompok di depan kelas.
·         Guru memberikan konfirmasi atas jawaban tiap kelompok dalam diskusi.
3.    Kegiatan Penutup
·      Guru mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang shadaqah dan infaq
·      Guru melakukan post-test secara lisan dengan secara acak untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam penguasaan materi
·      Guru memberikan tugas untuk dikerjakan diluar kelas untuk pendalaman meteri dan dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya
·      Guru mengakhiri pembelajaran, dengan mengajak para peserta didik membaca hamdallah
·      Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam


IX.         Alat, Media, dan Sumber Rujukan
1.                                                   Alat    : Lembar Hand Out, kertas HVS,
2.                                                   Sumber           :
X.                     Evaluasi
Ø        Jenis Tes   : Test Lisan
Ø        Soal          : Sebutkan 3 manfaat sodaqoh!

Yogyakarta, 3 Desember 2011
Mengetahui,
Kepala Madrasah,                                                                    Guru Bidang Studi,


Drs, Yusuf Anggoro Bhakti, M.Ag                                Ika Zulaicha, S.Pdi

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies